hamilelik belirtileri gebelik hesaplama kadın hastalıkları kadın doğum uzmanı hamilelik testi jinekolog kadın doğum doktoru gebelik belirtileri en iyi kadın doğum doktoru kadın doğum doktoru tavsiye medical park bahçelievler kadın doğum doktorları dış gebelik belirtileri miyom ameliyatı miyom ameliyatı normal doğum sezaryen doğum hafta hafta gebelik
  • GIOVAN MEIDY SUSANTO,S.Kom.GIOVAN MEIDY SUSANTO,S.Kom.Software Quality Engineer – Indomaret Group

    “Dengan tekun dalam melaksanakan segala hal dan kegiatan maka akan mendapatkan hasil yang terbaik”

    Selama berkuliah di STMIK Pontianak saya sangat bersyukur karena saya selalu mendapatkan support yang baik dari Dosen maupun teman-teman. Apapun yang ingin saya dalami dan pelajari lebih dalam pasti selalu mendapatkan dukungan yang baik dari para Dosen seperti mendapatkan sharing ilmu, materi, buku dan lainnya. Saya pernah diberikan kesempatan untuk melaksanakan pameran robotic pada kegiatan Science Fair 2018 di sekolah Tunas Bangsa. Pengalaman tersebut tidak dapat dilupakan karena saya diberi kesempatan untuk memberikan sharing ilmu mengenai robotik kepada siswa-siswi sekolah Tunas Bangsa. Saya juga pernah diberikan kesempatan untuk memublikasikan jurnal penelitian berstandard nasional. Hal ini merupakan pengalaman yang berharga bagi saya karena penelitian yang pernah saya lakukan selama berkuliah diberi kesempatan untuk dapat terbit di jurnal berstandard nasional.

    Setelah belajar di STMIK Pontianak, wawasan saya semakin berkembang mengenai dunia luar, dunia pekerjaan, bagaimana menghadapi dunia pekerjaan berkat sharing yang selalu diberikan oleh para dosen dan juga mahasiswa lainnya karena mahasiswa stmik Pontianak tidak hanya yang lulus SMA/SMK namun juga ada yang sudah bekerja.

    Perpustakaan STMIK Pontianak cukup lengkap. Untuk memperdalam materi-materi yang telah diberikan para dosen dapat melalui buku-buku yang tersedia di perpustakaan karena selalu di update sehingga dapat menunjang kebutuhan-kebutuhan mahasiswa. Laboratorium computer juga sangat membantu pada setiap kegiatan praktikum yang dilaksanakan di setiap mata kuliah. Tidak hanya laboratoritum computer, juga ada laboratorium robotik yang sangat membantu dalam mengaplikasikan perintah-perintah berupa coding dapat dijalankan pada perangkat keras. Setiap ruang kelas juga mendapatkan jaringan wifi yang stabil sehingga juga sangat membantu dalam proses perkuliahan.

    Saat ini saya merupakan salah satu karyawan dari Indomaret Group. Saya berada di departemen IT yang berfokus pada pengembangan aplikasi uang digital yaitu “i.saku” dan merchant yang menerima pembayaran secara QRIS yaitu “mitra i.saku”.  Peran saya di departemen tersebut adalah sebagai Software Quality Engineer dimana saya harus dapat memastikan product atau aplikasi dari i.saku dapat berjalan dengan baik tanpa ada bug/error dan dapat digunakan dengan baik oleh pengguna.

    Selama berkuliah saya cukup sering mendapatkan tugas berkelompok untuk membuat suatu project berbasis IT. Dengan tugas-tugas tersebut saya menjadi semakin paham mengenai bekerja dalam suatu tim dengan baik terkait project berbasis IT. Tentu di dunia kerja saat ini sangat memerlukan skill tersebut karena saya dituntut harus dapat bekerja dengan baik dalam suatu tim. Mata kuliah yang saya dapatkan selama berkuliah juga cukup menunjang pekerjaan saya saat ini.

    Tantangan yang saya hadapi di dunia kerja saat ini adalah bagaimana agar saya harus dapat berkomunikasi dengan baik dalam memberikan masukan dan feedback terkait project yang sedang saya tangani kepada tim developer. Ditambah dengan situasi saat ini yaitu masih dalam suasana pandemi covid-19 menjadikan tantangan dalam berkomunikasi dengan baik dan jelas tanpa melalui tatap muka.

    Dalam mengatasi tantangan tersebut saya mencoba lebih memahami karakteristik setiap anggota developer yang ada di divisi saya. Memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang komunikasi tanpa tatap muka agar lebih mempermudah dalam berkomunikasi. Saya juga terus mempelajari dan memperdalam bahasa programming supaya dalam memberikan feedback dan masukan dapat lebih mudah dimengerti dan diimplementasi oleh tim developer.

  • VIVIEN KAY GOW, S.Kom.VIVIEN KAY GOW, S.Kom.Guru ICT – Sekolah Tunas Bangsa

    “do your best and trust yourself”

    Menjadi seorang lulusan sarjana komputer tentu memiliki berbagai tanggung jawab dan tantangan yang harus dihadapi. Untuk menghadapi tantangan tersebut, selama saya berkuliah di stmik saya mendapatkan banyak pengalamaan yang mengajarkan saya rasa tanggung jawab seperti pada saat kegiatan expo.

    Saya menjadi salah satu mahasiswi yang terpilih untuk mengikuti kegiatan tersebut, dari kegiatan tersebut banyak hal yang di dapatkan, seperti saya menjadi berani untuk tampil di depan banyak orang serta menyampaikan suatu tujuan.

    Dari kegiatan tersebut saya jadi bertanggung jawab dengan apa yang saya sampaikan ke orang lain dan saya diajari untuk memahami konsep dan bagaimana cara menjelaskan konsep tersebut supaya mudah dimengerti dan menarik bagi orang lain.

    Selain itu tidak sedikit juga pelajaran yang saya dapatkan di STMIK Pontianak ini, seperti saya juga mengikuti kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa (BSM), di sana saya belajar kedisiplinan, problem solving, dan bahkan mendapatkan kesempatan untuk bermagang di instansi-instansi pemerintahan setempat.

    Dengan adanya kegiatan BSM tersebut membuat saya menjadi berbaur dan saling mengenal satu sama lain dan mengajari arti dari kebersaam dan saling tolong-menolong tanpa memandang suku, agama, dan ras ataupun status sosial.

    Juga pembelajaran di STMIK Pontianak sungguh sangat seru dan menyenangkan karna tidak hanya monoton pada teori-teori dalam kelas saja, tetapi juga banyak praktek yang diberikan salah satu nya praktek pada mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek (PBO).

    Di sana saya diberikan tugas untuk memecahkan suatu kasus yang di kerjakan secara berkelompok hal tersebut mengajarkan saya untuk berkerja sama secara team serta saling menghargai pendapat setiap anggota kelompok.

    Terakhir pengalaman yang paling menarik dan berkesan saat kuliah adalah ketika saya mengerjakan kerja praktek dan skripsi. Waktu itu saya sangat tidak paham. kenapa saya selalu salah dan melakukan revisi terus-menerus, namun akhirnya saya paham, semua yang bapak dan ibu pembimbing lakukan adalah untuk melatih saya agar terus berusaha dan tidak mudah menyerah, melatih saya untuk bertanggung jawab dengan keputusan serta apa yang saya kerjakan, melatih emosional saya di mana saya harus bisa tetap bersabar dan tidak terbawa emosi, serta membangun mental saya untuk menjadi lebih kuat dan tidak mudah goyah.

    Saya merasa bangga bisa menjadi lulusan STMIK Pontianak yang memberikan banyak bimbingan dan pengalaman untuk saya.

  • YOSEPH HALIM, S.Kom.YOSEPH HALIM, S.Kom.Senior Financial Advisor – BCA Life

    “Jadilah pendaki gunung. Jika seorang pendaki gunung mampu mendaki suatu gunung, maka ia akan mencari gunung yang lebih tinggi lagi untuk didaki. Begitu juga dengan hidup kita, jangan pernah puas dengan apa yang dimiliki saat ini. Terus upgrade diri untuk menjadi yang terbaik.”

    Suatu kebanggaan bagi saya dapat menjadi bagian dari STMIK Pontianak. Dimana STMIK Pontianak memiliki SDM yang unggul dan berkompeten pada bidangnya, dalam hal ini dapat dilihat bahwa bapak/ibu dosen STMIK Pontianak tidak hanya berasal dari universitas-universitas terbaik di Kalimantan Barat, namun tidak sedikit yang berasal dari universitas terbaik di Indonesia yang notabenenya masuk kedalam 10 besar universitas terbaik nasional, bahkan beberapa dari luar negeri. tentu semuanya sudah tidak dapat diragukan lagi kapasitasnya sebagai tenaga pendidik.

    Saya akan membagikan sedikit pengalaman selama berada di STMIK Pontianak. Banyak hal dan pelajaran yang kami dapatkan di STMIK Pontianak ini, baik soft skill maupun hard skill. Soft skill banyak kami dapatkan dari kegiatan bakti sosial mahasiswa, baik itu leadership, team-work, problem solving dan bahkan kesempatan bermagang di instansi-instansi pemerintahan setempat. Hard skill kami dapat dari bapak/ibu dosen yang membagikan ilmu pengetahuan yang ter-update dan selalu membimbing kami dengan tulus untuk mengembangkan potensi dalam diri kami. Pihak kampus juga memfasilitasi adanya Pusat Karir untuk menjembatani antara perusahaan dan mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan dan terbukti cukup efektif. Beberapa rekan kita telah mendapatkan pekerjaan sebelum di nyatakan lulus. Namun perlu di ingat bahwa masa kini persaingan semakin ketat setiap tahunnya lulusan perguruan tinggi di Indonesia semakin bertambah, akan tetapi hal itu tidak sepadan dengan lapangan pekerjaan yang ada. Oleh karena itu, kita harus menaklukkan persaingan dengan membuktikan bahwa lulusan STMIK Pontianak bukan alumni biasa, tetapi kita adalah insan akademik yang unggul dan layak memenangkan persaingan. Saya yakin dan percaya lulusan STMIK Pontianak dapat bersaing dalam Era Industry 4.0 yang sebentar lagi akan memasuki Era Society 5.0 serta dapat berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

    Kelulusan merupakan awal dari tantangan dalam hidup yang nyata. Mengawali karir sebagai seorang financial advisor di suatu bank swasta terbesar di Indonesia tentu bukanlah hal yang mudah karena tidak linear dengan ilmu yang di dapat di bangku kuliah. Menghandle nasabah-nasabah prioritas dan memberi solusi keuangan terbaik bagi mereka tentu bukan perkara yang mudah dan tentunya diperlukan pengetahuan keuangan yang baik. Selain itu menjadi seorang marketer juga harus memiliki karakter yang Dominance (memiliki sifat dominan dibandingkan dnegan orang-orang yang disekitar dan bersifat aktif). dan Influence (karakter yang berfokus terhadap sesama atau sekitarnya dan bersifat aktif). Namun tantangan ini dapat saya lewati dan membuktikan bahwa dalam waktu 6 bulan saya dapat mencapai level senior financial advisor dan pencapaian di tahun 2021 masuk kedalam Top 5 financial advisor terbaik nasional. Selain itu saya juga berkesempatan menjadi asisten dari regional sales manager dimana bertugas untuk mengelola data, membantu mengelola team dan jadwal juga menjadi pengalaman yang menarik dimana dalam pekerjaan ini kita harus memiliki karakter Conscitieous (karakter yang berfokus kepada pekerjaan namun bersifat pasif, cenderung memiliki sifat detail dan teliti terhadap segala hal yang dilakukan), serta Steadiness (stabil, tidak meledak ledak, tekun dan perhatian). Mempelajari dan memiliki ke-empat karakter ini (DISC) tentunya menjadi hal yang sangat istimewa dan bekal untuk karir yang semakin gemilang.

    Demikian kesan dan pesan saya sebagai alumnus STMIK Pontianak. Semoga kita selalu dapat melampaui batas yang ada dalam diri kita untuk menjadi yang terbaik.

  • AMALIA DWI ANGGRAINI, S.Kom.AMALIA DWI ANGGRAINI, S.Kom.Content Writer

    “Lebih baik menyesal setelah berjuang daripada menyesal sebelum mencoba.”

    Pengalaman paling memorable bagi saya saat belajar di STMIK Pontianak adalah serunya pergaulan dengan teman dan kenyamanan suasana belajar saat di ruang kelas bersama dosen STMIK Pontianak.

    Waktu berstatus menjadi siswa hal ini tidak begitu saya perhatikan karena menurut saya masih belum ada hal yang istimewa.Ketika berstatus menjadi “Mahasiswa” hal ini cukup memberikan kesan karena ada hal yang tidak bisa saya lakukan saat menjadi “Siswa” namun bisa saya lakukan ketika menjadi “Mahasiswa” yaitu lebih bebas berkreativitas secara mandiri dan lebih sering berpikir kritis untuk memberikan gagasan atas suatu permasalahan.

    Hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi saya ketika menimba ilmu di STMIK Pontianak. Ditambah dengan perbedaan karakteristik  tiap dosen di STMIK Pontianak saat mengajar di kelas memberikan saya banyak kesan dan pembelajaran yang bisa dipetik.

    Waktu awal menjadi mahasiswa baru di STMIK Pontianak, saya masih awam dengan Coding, yang saya cukup kuasai hanya menghitung saja. Namun setelah saya belajar 4 tahun di STMIK Pontianak, ada banyak kelebihan aspek yang bisa saya garap dan kembangkan di bidang IT. Seperti yang kita ketahui cakupan IT sangat luas, apalagi di era digital sekarang ini banyak bidang pekerjaan yang menyertakan komputerisasi sehingga peluang mencari pekerjaan juga cenderung lebih besar.

    Fasilitas yang membantu proses saya selama belajar di STMIK Pontianak adalah Perpustakaan, Wi-Fi, dan Lab Komputer. Walaupun ukuran perpustakaan STMIK  Pontianak tidak begitu besar, namun isi bukunya cukup lengkap dan memadai dilengkapi prasarana AC yang nyaman. Wi-Fi digunakan sebagai media untuk berseluncur ke internet agar dapat mencari literatur modul perkuliahan dan mencari jurnal-jurnal untuk pelengkap penelitian. Serta Lab Komputer yang terdiri dari 3 Lab sangat membantu mahasiswa melakukan mata kuliah praktikum. Kemudian sangat membantu juga apabila kami kesulitan tidak ada laptop untuk mengerjakan tugas kuliah dan kesulitan menjangkau internet.

    Saat ini saya sedang menitik karir menjadi Content Writer di sebuah Startup Agensi Marketing Digital di Pontianak. Menulis merupakan hobi yang sudah saya tekuni sejak saya duduk di bangku Sekolah Dasar. Sejak Sekolah Menengah Pertama saya membuat blog pribadi untuk menuangkan ide tulisan saya dan sampai saat ini masih saya kelola. Yang saya pelajari di STMIK Pontianak pada bidang ini tidak begitu banyak yang bisa diterapkan namun tetap saja Content Writer membutuhkan pengetahuan IT dasar yang relatif membantu untuk melakukan pekerjaannya.

    Menulis awalnya hanya sebuah hobi tetapi karena saya menyukai bidang ini, saya mencoba mengembangkan kemampuan saya untuk menjadi seorang penulis, dan di sinilah saya bekerja sebagai Content Writer. Tantangan yang saya hadapi saat ini sebagai Content Writer adalah harus memiliki kemampuan research yang baik untuk up to date terhadap perkembangan berita ataupun trend yang bisa membantu saya mengembangkan sebuah konten yang menarik dan berkualitas. Sama halnya dengan menjadi seorang Programmer yang harus up to date terhadap perkembangan bahasa pemrograman yang ada. Sehingga cara saya menghadapi tantangan ini adalah dengan memupuk rasa kemauan dan keingintahuan yang tinggi untuk mempelajari, membaca dan memantau perkembangan berita trend yang selalu berubah setiap saatnya.

    Saya harap kedepannya STMIK Pontianak bisa menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang bisa mengharumkan nama baik kampus dengan bermacam-macam profesi dan akreditasi yang dikenal baik oleh seluruh masyarakat di Pontianak.

  • CEVINTA TARAS TARIGAN, S.Kom.CEVINTA TARAS TARIGAN, S.Kom.SEKRETARIS JASA KEUANGAN PEMERINTAHAN – KALBAR

    “Don’t tell people about your dream. Show them.”

    Pertemanan  di STMIK Pontianak sangat luas dari berbagai daerah. Ada dari Sintang, Sanggau, Putussibau, Ketapang, Nanga Pinoh, Melawi, Singkawang. Membangun relasi yang banyak menambah wawasan saya dalam pengetahuan dan pengalaman. Bersama teman- teman,  dan dukungan dosen- dosen yang ramah dan profesional,  kami yang awalnya tidak paham tentang coding dan pemrograman bisa saling mengajari dan memahami, bertukar pikiran akhirnya lancar dan berhasil seperti sekarang.

    Berkembang di STMIK Pontianak, wawasan hingga pemikiran saya menjadi lebih terbuka, cepat tanggap terhadap perkembangan teknologi informasi serta perkembangan yang pesat terhadap perubahan bersosial media. Yang awalnya hanya sebagai media hiburan menjadi media mendapatkan pendapatan/ penghasilan.

    Komputer laboratorium dilengkapi dengan spesifikasi yang terupdate, internet cepat dan laboratorium yang banyak dan terawat,  memberikan saya rasa nyaman untuk belajar.

    Saat ini, saya bekerja menjadi Sekretaris di bidang Jasa Keuangan Pemerintahan di Kalimantan Barat. Wawasan, pengetahuan, dan sikap yang saya tanamkan di STMIK Pontianak sangat berguna di dunia kerja sekarang karena persaingan dalam dunia kerja sangat meningkat. Saya dituntut mengikuti zaman yang semakin modern sehingga harus paham dan cepat dalam perkembangan TI yang semakin pesat. Itulah yang diberikan oleh STMIK Pontianak.

  • Kamalia, S.Kom.Kamalia, S.Kom.HRD Learning and Development – Baitulmaal Munzalan Indonesia

    “ Bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain”

    Belajar di STMIK Pontianak di Jurusan Sistem Informasi memberikan banyak kemanfaatan dan kesan mendalam bagi saya, bahkan membantu dan mengantarkan saya dalam kegiatan International MUN tahun 2018 mewakili Indonesia di Bangkok, Thailand.

    Kampus yang memiliki sarana dan prasana yang lengkap membuat saya memudahkan dalam belajar. Metode pembelajaran yang juga melibatkan mahasiswa menurut saya sangat efektif, karena mampu melatih cara berfikir dan cara mengalinasa dan dosen-dosenya pun luar biasa memiliki kualitas mengajar terbaik dan berkompeten
    dibidangnya.

    Saya merasa pengalaman yang saya dapat dari STMIK Pontianak mampu membantu saya dalam berkarir secara akademis maupun praktik. Saya saat ini berkeja di salah satu lembaga Filantropi “Baitulmaal Munzalan Indonesia” di kota Pontianak sebagai HRD ”Learning and Development”. Ilmu yang didapatkan kuliah, membuat saya belajar
    bagaimana manajemen,menganalisa dan mengelolah sumber daya manusia sehingga diperoleh informasi yang tepat guna mengambil keputusan. Hal ini membuat saya terus learning ,creative, dan Productive.

    Terimakasih STMIK Pontianak, atas pelajaran yang saya dapatkan

  • Celvin Fomenly, S.Kom.Celvin Fomenly, S.Kom.IT Business Analyst – Klik Indomaret (E-Commerce)

    “Stay Hungry, Stay Foolish”

    Belajar dapat dilakukan dimana saja , Ilmu bisa di dapatkan dari berbagai sumber , artinya semua orang dapat belajar hal apapun asal ada niat dan kemauan , STMIK Pontianak memberikan Mahasiswa ruang untuk explore lebih dalam khususnya di bidang Teknologi Informasi yang mana ilmu tersebut dapat diterapkan dimana saja , didalam lingkungan kerja ataupun dalam bidang usaha. STMIK Pontianak juga sangat Baik dalam menerapkan Teknologi informasi dalam proses belajar mengajar , dimana hampir disemua mata kuliah sudah tidak menggunakan kertas dan alat tulis lagi melainkan sudah melalui fitur aplikasi moodle yang dapat dikerjakan melalui smartphone atau laptop masing – masing mahasiswa.

    Dalam segi Tenaga Pengajar , Dosen di STMIK merupakan Dosen yang memiliki standard yang tinggi dalam mengajar, ilmu yang luas dan kemampuan mengajar yang sangat baik, serta fokus terhadap detail (khususnya Skripsi) dimana dampaknya lulusan STMIK pontianak dapat menjadi Tenaga ahli yang berkualitas di berbagai bidang yang berkaitan dengan Teknologi informasi.

    Yang paling saya Bisa Banggakan adalah , Menurut saya pribadi STMIK Pontianak merupakan kampus yang memberikan kenyamanan paling lengkap diantara kampus lain di Pontianak dimana semua ruangan sudah Full AC , ruang kelas belajar yang luas dan nyaman, serta Lab yang memiliki Standar yang sangat baik , bahkan lab STMIK terkadang digunakan oleh instansi Lain , Mahasiswa di STMIK Pontianak juga sangat kompak dengan satu dan lainnya karena terdapat berbagai ras, suku, dan agama, tidak membuat kelompok sendiri – sendiri sehingga kami dapat bersosialisasi dengan sangat baik terhadap semua orang.

    Saat Ini saya bekerja sebagai IT Business Analyst di Klik Indomaret , saya mengerjakan Pengembangan aplikasi E-Commerce Klik indomaret . Saya memiliki Peran sebagai IT Business Analyst dimana saya memiliki tanggung jawab untuk menganalisis kebutuhan project , dokumentasi project , menghitung timeline project , serta melakukan Brief singkat kepada tim developer dan kepada tim Quality Assurance , saat ini saya memimpin tim saya sendiri yang terdiri dari 2 developer dan 4 Quality assurance , saya juga merangkap sebagai Project manager dan Scrum master yang mana tujuan nya hanya 1 yaitu menciptakan produk IT yang berkualitas kepada seluruh pengguna Klik Indomaret Se-indonesia.

    STMIK pontianak Juga menjadi kampus yang aktif melakukan event Campus hiring , dimana saya juga mendapatkan perkerjaan saya melalui campus hiring yang dilakukan STMIK Pontianak, saya sangat berterima kasih kepada dosen dan pihak manajemen kampus STMIK atas pekerjaan yang di berikan kepada saya , kiranya STMIK Pontianak dapat memberikan banyak lapangan kerja kepada semua lulusan dengan bekerja sama dengan organisasi atau perusahaan untuk melakukan event event seperti kampus hiring.

    Doa saya untuk STMIK ke pontianak adalah kejar Akreditas A , membuka S2 dan berusaha terus untuk melakukan pencapaian – pencapaian yang lebih tinggi dari yang sudah ada, selalu stay hungry for more, lakukan hal yang lebih dari pada yang lain, stay foolish, stay humble yang mendorong STMIK untuk terus maju.

Union Dental
Alamat

Jl. Merdeka Barat No.374, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116

Contact : info@stmikpontianak.ac.id
(0561) 735555

Office Hours

Senin -  Jumat  07:30 - 16:00

Sabtu                07:30 - 12:30

© STMIK Pontianak.

© STMIK Pontianak.