VIVIEN KAY GOW, S.Kom.Guru ICT – Sekolah Tunas Bangsa

“do your best and trust yourself”

Menjadi seorang lulusan sarjana komputer tentu memiliki berbagai tanggung jawab dan tantangan yang harus dihadapi. Untuk menghadapi tantangan tersebut, selama saya berkuliah di stmik saya mendapatkan banyak pengalamaan yang mengajarkan saya rasa tanggung jawab seperti pada saat kegiatan expo.

Saya menjadi salah satu mahasiswi yang terpilih untuk mengikuti kegiatan tersebut, dari kegiatan tersebut banyak hal yang di dapatkan, seperti saya menjadi berani untuk tampil di depan banyak orang serta menyampaikan suatu tujuan.

Dari kegiatan tersebut saya jadi bertanggung jawab dengan apa yang saya sampaikan ke orang lain dan saya diajari untuk memahami konsep dan bagaimana cara menjelaskan konsep tersebut supaya mudah dimengerti dan menarik bagi orang lain.

Selain itu tidak sedikit juga pelajaran yang saya dapatkan di STMIK Pontianak ini, seperti saya juga mengikuti kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa (BSM), di sana saya belajar kedisiplinan, problem solving, dan bahkan mendapatkan kesempatan untuk bermagang di instansi-instansi pemerintahan setempat.

Dengan adanya kegiatan BSM tersebut membuat saya menjadi berbaur dan saling mengenal satu sama lain dan mengajari arti dari kebersaam dan saling tolong-menolong tanpa memandang suku, agama, dan ras ataupun status sosial.

Juga pembelajaran di STMIK Pontianak sungguh sangat seru dan menyenangkan karna tidak hanya monoton pada teori-teori dalam kelas saja, tetapi juga banyak praktek yang diberikan salah satu nya praktek pada mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek (PBO).

Di sana saya diberikan tugas untuk memecahkan suatu kasus yang di kerjakan secara berkelompok hal tersebut mengajarkan saya untuk berkerja sama secara team serta saling menghargai pendapat setiap anggota kelompok.

Terakhir pengalaman yang paling menarik dan berkesan saat kuliah adalah ketika saya mengerjakan kerja praktek dan skripsi. Waktu itu saya sangat tidak paham. kenapa saya selalu salah dan melakukan revisi terus-menerus, namun akhirnya saya paham, semua yang bapak dan ibu pembimbing lakukan adalah untuk melatih saya agar terus berusaha dan tidak mudah menyerah, melatih saya untuk bertanggung jawab dengan keputusan serta apa yang saya kerjakan, melatih emosional saya di mana saya harus bisa tetap bersabar dan tidak terbawa emosi, serta membangun mental saya untuk menjadi lebih kuat dan tidak mudah goyah.

Saya merasa bangga bisa menjadi lulusan STMIK Pontianak yang memberikan banyak bimbingan dan pengalaman untuk saya.